Sabtu, 03 November 2018

Peraturan USM Polstat STIS Tahap I Tahun 2018/2019

USM STIS 2019
Peraturan USM Polstat STIS Tahap I 2018/2019
Ujian Masuk Berbasis Komputer (UMBK) Polstat STIS baru dilaksanakan tahun 2018. Tahun-tahun sebelumnya, USM STIS masih menggunakan lembar jawaban manual untuk tes Tahap I. Setiap tahunnya, tes tahap I USM STIS masih menjadi tahapan paling susah karena banyak menggugurkan peserta

Adapun aturan secara umum dalam menghadapi UMBK Polstat STIS tahun 2018 diberikan dalam beberapa poin utama dan tambahan berikut. Aturan ini meski bersifat tentatif, namun ada kebolehjadian pada USM Polstat STIS 2019 nanti gambarannya kurang-lebih seperti tahun 2018. Mengingat pula, pada tahun 2018 sistem seleksi juga mulai berubah sepenuhnya.

Baik, teman-teman, demikian sedikit pengantar dari saya, berikut ini adalah gambaran umum aturan pelaksanaan UMBK USM Polstat STIS yang setidaknya bisa kalian pelajari dan pahami agar nanti pada USM Polstat STIS 2019, kalian akan lebih siap baik kemampuan maupun mental.

Aturan umum:

1. Pastikan KTPUM sesuai dengan kartu identitas pada waktu pendaftaran panselnas

2. Apabila ada perbedaan antara KTPUM dan kartu identitas silakan komunikasi ke pansel menjelang tes, karena ada verifikasi terkait hal itu.

3. Selama peserta melakukan ujian, dilarang keluar sampai ujian dinyatakan selesai.

4. Panitia akan menyediakan kertas oretan untuk hitungan peserta dan pada waktu ujian usai, semua kertas oretan diberi nomor bangku peserta dan dikumpulkan ke panitia.

5. Peserta yang telat langsung gugur dan tidak dapat mengikuti ujian. Termasuk telat karena salah ruangan.

6. Ujian akan dilaksanakan berbasis komputer dan dilarang meminjam alat tulis ke teman peserta lain selama ujian berlangsung.

7. Pastikan kembali semua peralatan serta identitas dan KTPUM sebelum mengikuti USM.

8. Aturan pakaian bebas rapi, no jeans, no sendal. Sopan.

9. Mematuhi tata tertib pelaksanaan USM yang akan dibacakan oleh panitia.

10. Panitia menyediakan ruang isolasi (ruang tunggu) untuk pelaksanaan verifikasi berkas peserta (KTPUM dan kartu identitas saat daftar di panselnas).

Aturan Tambahan

1. Nanti peserta akan diberi lembar oretan untuk hitungan, dan tidak boleh nambah kertas lagi, maksimalkan kertas yang telah diberikan.

2. Mungkin dr teman-teman ada yang punya gejala nervous atau gerogi saat ujian yang efeknya mau buang air, maka sebelum 7.45 waktu setempat, silakan buang air bagi yang ingin. Karena selama umbk berlangsung, dilarang keluar-masuk ruangan.

3. Peserta masuk ruangan umbk berbarengan dipandu pengawas, dan keluar berbarengan juga. Jadi, bagi teman2 yang sudah selesai dulu, tetap duduk di bangku sampai tanda umbk berakhir diumumkan pengawas.

4. Semua tas, buku, catatan, hp, tablet, ditaruh di tempat khusus dan disediakan oleh pengawas. Yang bisa dibawa ke dalam ruangan adalah, KTPUM dan identitas diri (KTP/SIM/KK/bukti lain) yang sudah terdaftar saat pendaftaran ke STIS.

5. Bagi peserta yang nama di KTPUM beda sama nama di Ijazah, jgn khawatir, kalian bisa membuktikan kevalidan nama kalian dengan membawa bukti atau identitas lain yang sah secara hukum. STIS mentolerirnya selama orangnya sama. Bukan beda orang.

6. Verifikasi dilakukan dengan mencocokkan nama kalian, nama KTPUM, nama di kartu identitas (KTP/SIM/lainnya yang sah secara hukum), nama ibu kandung, dan wajah kalian apakah sama dengan di foto, baik foto di KTPUM, identitas diri dan foto di Komputer tempat kalian.

7. Ikuti aturan pengawas dan disiplin waktu.

Saran

1. Pensil silakan diruncingkan dr sekarang

2. Bolpen juga disiapkan, dicek apakah tinta masih ada atau udah habis.

3. Penghapus tinggal pakai, jgn masih terbungkus

4. Berangkat lebih awal, sebab bila kalian telat, maka otomatis gugur, jangan terlalu mepet waktu menjelang umbk sebab pikiran kalian bakal blank, juga karena tergesah-gesah. Menjelang tes, kurangi intensitas membuka buku, tapi ingat-ingat saja materi, rumus dan taktik yang telah kalian pelajari selama ini.

Ok teman-teman , begitu tambahan dari saya, semoga kalian makin siap berkompetisi, tunjukkan bahwa kalian PANTAS menjadi Mahasiswa Polstat STIS 2019 angkatan 61, semoga kalian LOLOS semua.