Kamis, 11 Oktober 2018

Mengenal Koefisien Variasi Data

Populasi
Belajar Koefisien Variasi (KV)
Dua buah data atau lebih baik data sampel atau populasi, masing-masing mempunyai karakteristik. Karakteristik itu bisa kita lihat dari nilai statistik atau parameternya. Kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai cara membandingkan karakteristik dua atau lebih data. Perbandingan ini dipandang perlu agar kita bisa menentukan teknik pengambilan sampel maupun untuk tujuan sensus terhadap populasi. Dalam hal ini, aspek keterbandingan yang bisa kita gunakan adalah tingkat kehomogenan data.

Secara mendasar, ukuran yang bisa kita gunakan dalam membandingkan tingkat kehomogenan dua data atau lebih adalah koefisien variasi (KV). Dua atau lebih data, yang satu mempunyai nilai rata-rata lebih kecil daripada data yang lain, atau bahkan paling kecil, belum mampu menunjukkan satu ukuran pasti bahwa data tersebut homogen atau heterogen. Data dengan rata-rata paling kecil, bisa jadi memiliki sebaran data yang timpang atau melebar. Sebaliknya, data dengan rata-rata yang besar juga belum menjamin ia relatif lebih homogen karena sebaran data relatif mengumpul di sektiar rata-ratanya.

Para ahli statistika menggunakan KV ini bertujuan untuk melihat relativitas tingkat kehomogenan data apabila dibandingkan terhadap data yang lainnya. Untuk itu, dalam perhitungannya, KV dinyatakan sebagai nilai persentase rasio antara standar baku (deviasi) terhadap rata-rata data. Secara matematis, KV dapat dituliskan sebagai berikut:

Statistik
Rumus Koefisien Variasi (KV)
Keterangan:
s adalah standar baku untuk sampel, kalau sigma adalah standar baku untuk populasi
x bar adalah rata-rata sampel, kalau miu adalah rata-rata untuk populasi
 
Contoh
Data A mempunyai rata-rata sebesar 5 dengan standar baku sebesar 4, sedangkan data B memiliki rata-rata 8 dan standar bakunya sebesar 6. Mana data yang relatif lebih homogen?...

Solusi:
KV-Data A = (4 / 5) x 100% = 80%

KV-Data B = (6 / 8) x 100% = 75%

Interpretasi: Data B relatif lebih homogen daripada Data A.