Sabtu, 20 Oktober 2018

Kekontinuan Fungsi Berkaitan dengan Limit Fungsi

Limit
Kekontinuan Fungsi pada f(x) = c
Salam teman-teman, apa kabar kalian di sana? Semoga masih sehat-sehat saja, ya. Kali ini kita akan mengulas terusan dari pembahasan limit fungsi yang kemarin telah disampaikan cara menggambar grafik limit fungsi. Bagi kalian yang ketinggalan pembahasannya, silakan cari artikel sebelum unggahan artikel ini. Mengapa harus teman-teman cari? Sebab, antara limit dan kekontinuan terdapat saling keterkaitan.

Ada sedikit perbedaan mendasar yang perlu teman-teman ketahui antara limit sebuah fungsi dan kekontinuannya. Operasi limit fungsi yang dikatakan ada limit atau exist belum tentu fungsi tersebut kontinu pada f(c) dengan c adalah nilai tertentu. Sebaliknya, apabila suatu fungsi kontinu pada f(c) dengan c bernilai tertentu, maka pastinya f(x) memiliki limit mendekati c.

Konsep itulah yang harus teman-teman pegang, apalagi bagi kalian yang saat ini sedang kuliah. Pemahaman tentang perbedaan syarat kontinuitas dan limit fungsi patut diperlukan agar pemahamannya benar. Untuk lebih jelas mengenai kekontinuan fungsi dan hubungannya dengan limit fungsi, berikut saya unggah sebanyak 3 contoh saja, semoga dengan 3 contoh ini dalam sekejap dapat teman-teman pahami dan bisa diterapkan dalam dunia akademik kalian. Terima kasih.