Jumat, 28 September 2018

4 Kementerian Ini Membuka Lowongan CPNS Lulusan SMA dan SMK atau Sederajat

SKD SKB CPNS
Lowongan CPNS 2018 untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat

Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sampai saat ini masih menarik bagi sebagian besar pencari kerja. Buktinya, begitu banyaknya peserta yang mendaftarkan dirinya untuk mengikuti tes CPNS yang nanti diselenggarkan oleh Badan Kepagawaian Negara (BKN). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di Indonesia sampai saat ini masih didominasi oleh lulusan Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini sekilas menunjukkan bahwa daya serap lowongan CPNS sebagai lapangan kerja tersebsar yang terikat dan diselenggarakan langsung oleh pemerintah masih kurang maksimal.

Suatu ketika saya bertemu beberapa teman yang kebetulan mempunyai ijazah tertinggi SMA dan SMK. Saya mencoba sedikit mewawancarai mereka termasuk di dalamnya, saya juga menanyai apa saja kemampuan atau soft skill yang mereka miliki.

Dari wawancara singkat itu, saya berpikir bahwa lulusan SMA dan SMK juga tak perlu diragukan sebagai calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) kelak. Tidak adanya pemetaan SDM di negara ini terhadap lulusan SMA dan SMK menjadikan pemerintah hingga kini belum mengetahui secara nyata soal potensi lulusan SMA dan SMK jikalau bekerja. Pemerintah terkesan masih meremehkan lulusan SMA dan SMK, padahal dana sebesar 20 persen dari APBN juga digelontorkan negara untuk kemajuan pendidikan nasional.

Saat ini, sepertinya pemerintah mulai melirik lulusan SMA dan SMK ini. Ada sebanyak 4 kementerian ini membuka kran lowongan CPNS bagi lulusan SMA dan SMK atau sederajat. Ini merupakan sebuah terobosan masif mengingat data pengangguran kita masih dialami oleh lulusan SMA, SMK atau sederajat.

Sejak tanggal 26 September 2018 lalu, BKN telah resmi membuka pendaftaran CPNS 2018. Adapun alur pendaftarannya adalah sebagai berikut:
Alur pendaftaran CPNS 2018

Secara ringkas, 4 kementerian apa saja yang membuka lowongan CPNS? Berapakah jumlah formasi ASN yang dibutuhkan dan melalui link apa saja? Selengkapnya dapat kita lihat dan cermati pada infografis berikut:
Pengumuman
Kemenkumham
Informasi Kemenkumham klik di sini
Surat Lamaran Kemenkumham klik di sini

Kejaksaan
Informasi Formasi Kejaksaan klik di sini
Surat Pernyataan klik di sini
Surat Siap Menerima Sanksi Hukum klik di sini

Basarnas
Pengumuman Seleksi CPNS klik di sini
Surat Pernyataan Bebas Narkoba klik di sini
Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen klik di sini

Kemensos
Informasi CPNS klik di sini
Lokasi Ujian klik di sini