Rabu, 02 Mei 2018

Soal dan Pembahasan USM Poltek Statistika STIS 2007-2010

Soal dan pembahasan USM Poltek Statistika STIS

Berdasarkan kondisi terakhir pendaftatan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui portal pendaftaran satu pintu, jumlah pendaftar seluruh PTK adalah 277.402 pelamar dengan formasi total dari BKN adalah 13.677.

Tabel kondisi terakhir penutupan pendaftaran PTK 2018, sumber: BKN

Khusus untuk Politeknik Statistika STIS sendiri, pada tahun 2018 kali ini terlihat total pendaftar telah menembus angka 17.886 pelamar dengan formasi dari BKN sebanyak 600. Artinya, rasio persaingan adalah 1 : 30. Tampak adanya penurunan dibandingkan tahun 2017 kemarin, di mana rasionya 1 : 40. Bisa diperkirakan mengenai tingkat persaingan pada setiap tahap USM Poltek Stat STIS nanti.

Informasi terakhir terkait USM PS STIS, tahap I akan dilaksanakan secara bergelombang dan berbasis komputer seperti UNBK. Sedangkan perkiraan bobot per butir soal untuk yang benar adalah +2, sedangkan yang salah adalah -1, tidak dijawab adalah 0. Ada perkiraan lain, bobot per butir soal sama halnya dengan tes tahap I tahun sebelumnya.

Mengenai jumlah soal, kemungkinan masih tetap sama, yaitu 60 butir soal dan hanya mata uji Matematika saja. Sedangkan bahasa Inggris tahun ini ditiadakan.

Antara Poltek Stat STIS dan PTK Lain, seperti PKN STAN, IPDN dan STTD Bekasi juga banyak diminati pendaftar. STTD tahun ini mulai banyak diminati sekaligus menggeser pola peminatan pendaftar PTK dibandingkan periode sebelumnya.

Sebagai bekal teman-teman, berikut soal dan pembahasan USM PS STIS 2007-2010 sebagai bahan latihan agar teman-teman bisa lebih siap menghadapi USM Poltek Statistika STIS 2018, berikut linknya bisa klik di sini.

Selamat berkompetisi dalam USM PS STIS 2018. Semoga kalian lolos menjadi mahasiswa STIS angkatan 60.