Selasa, 15 Mei 2018

Mudah Administrasi Perkantoran dengan MS Excel Bagian 11

Belajar MS Excel bagian ke 11

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi yang pada pembahasan selanjutnya lebih banyak kita gunakan. Fungsi IF adalah fungsi kondisional atau fungsi yang menunjukkan nilai sebuah pernyataan dengan persyaratan tertentu sesuai dengan kebutuhan kita. Ekspresi fungsi IF dalam Excel biasa dituliskan “=IF(…;…;…)”. Pada beberapa tipe komputer, tanda titik koma justru tidak mampu dieksekusi sehingga sebagai gantinya menggunakan titik dua atau “:”. Untuk lebih memehami kegunaan fungsi IF ini, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Misalkan kita ingin memberikan keterangan terhadap nilai hasil Ujian Semester 20 siswa. Keterangan nilai tersebut adalah Lulus dan Tidak Lulus. Seorang siswa dikatakan Lulus apabila nilainya lebih dari 70. Sedangkan siswa yang dikatakan Tidak Lulus adalah jika nilai kurang atau sama dengan 70. Data dari 20 siswa tersebut diberikan sebagai berikut:
Langkah 1

Kita hendak melakukan pengisian terhadap status siswa apakah Lulus atau Tidak Lulus Ujian Semester. Pada soal demikian, kita perlu menggunakan fungsi IF yang dituliskan pada Cell status.
 
Sebab yang hendak kita ingin nilai statusnya adalah Cell kolom H, maka kita tuliskan fungsi IF, “=IF(H5>70”;”Lulus”;”Tidak Lulus”). Fungsi tersebut dibaca,”Jika nilai Cell H5 Lebih dari 70, maka Lulus, Jika tidak maka Tidak Lulus.”
Langkah 2

Lalu tekan Enter dan didapatkan:
 
Langkah 3

Untuk mendapatkan status seluruhnya, kita tinggal melakukan drag kursor atau dengan meng-copy paste Cell H5 pada Cell-Cell selanjutnya. Hasil yang didapatkan adalah: 
Hasil
Pembahasan sebelumnya bisa diklik di sini.