Selasa, 24 April 2018

Tips dan Trik Lolos USM Poltek Statistika STIS 2018 Tahap IV

Tips dan trik lolos tes kesehatan Poltek Stat STIS 2018, dokpri
Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) saat ini banyak diburu oleh para lulusan SMA sederajat atau alumni tahun sebelumnya. Selain menjanjikan masa depan yang gemilang, PTK seolah menjadi fokus utama untuk dibidik para peserta pasca Ujian Nasional (UN), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan tak kalah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM PTN) juga ikut mendaftar di PTK.
Salah satu PTK yang saat ini masih berstatus Ikatan Dinas (ID) adalah Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Poltek Stat STIS) atau disingkat PS STIS. PS STIS mempunyai tujuan untuk mencetak lulusan ahli statistika yang dapat bekerja di berbagai bidang. Kalau dulu, lulusan STIS ditempatkan di satuan kerja Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat dan daerah, namun kalau sekarang, wacananya, semua lulusan PS STIS akan ditempatkan tidak hanya di BPS saja, namun di Kementerian dan Lembaga di seluruh Indonesia.

Sebelum  mencapai jenjang perkuliahan di PS STIS, peserta diharuskan mampu menerobos setiap tes dengan sistem gugur di setiap tahapnya. Tahun ini, pendaftaran PTK dilakukan melalui satu pintu, yaitu portal Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan alamat https://sscndikdin.bkn.go.id/. Setelah melakukan pendaftaran di portal satu pintu tersebut, peserta kemudian mendaftarkan diri ke portal website PTK masing-masing dengan menggunakan akun terdaftar di portal BKN.

Setelah semuanya selesai, khusus untuk USM PS STIS, ada sebanyak empat tahapan tes yang harus dilalui, salah satunya adalah tes tahap IV, yaitu tes kesehatan. Menurut informasi terbaru, dalam tes tahap IV atau tes kesehatan PS STIS, ada yang namanya tes kesehatan aktif, berupa lari. Namun, untuk tes kesehatan pasif ada perkiraan sama halnya dengan tes kesehatan tahun-tahun sebelumnya.

Berikut beberapa jensi tes kesehatan USM PS STIS serta tips dan triknya:

a. PD (diperiksa detak jantung dan denyut nadi)
Tips dan trik agar kemungkinan bisa lolos baik adalah berolahraga secara teratur dari sekarang, misalnya dengan jogging, push up, sit up, hung up, atau melatih pernafasan untuk memelihara kesehatan, seperti yoga dan sejenisnya.

b. Indeks Tubuh (TB dan BB)
Tips dan triknya banyak olahraga, minum susu dan jaga berat tubuh. Perhitungan Indeks Tubuh biasanya menggunakan rumus:

BMI = (berat tubuh dalam kg)/tinggi tubuh kuadrat

 Nilai BMI dikatakan normal jika berada dalam rentang nilai 18,5 – 22,9.

c. Visus Mata
Tips dan triknya banyak makan wortel, tidak biasa menatap layar TV atau HP dalam kondisi gelap.

d. Buta Warna
Peserta yang mengalami buta warna mutlak tidak akan lolos PS STIS.

e. Tekanan darah
Tips dan triknya adalah menjaga pikiran, makan makanan alami yang dapat menstabilkan tekanan darah, kalau darah rendah banyak minum teh atau sayuran hijau, bila darah tinggi kurangi makan daging dan makan mentimum.

f. Darah Lengkap (Chol, UA, Glu)
Kondisi darah akan normal bila teman-teman menjaga pola makan, variasi makanan bergizi dan bervitamin serta tak lupa, banyak makan buah yang mengandung elektrolit, misal semangka dan sejenisnya yang berkadar air tinggi. Kondisi darah juga akan normal bila teman-teman peserta tidak meroko, tidak menggunakan Narkoba.

g. Tes Urine
Tips dan trik urine normal, pola makan sehat, istirahat cukup dan berkualitas, banyak minum air putih serta tidak merokok dan tidak menggunakan narkoba.

h. Spirometri (pernapasan)
Tips dan triknya cukup dengan beryoga secara teratur atau atur napas.

i. EKG(grafik jantung)
Tips dan triknya bisa dengan rutin lari setiap pagi secara teratur, jaga pikiran serta perasaan dengan tidak menggunakan narkoba dan merokok.

j. Rontgen
Tips dan triknya adalah tidak merokok dan menggunakan narkoba.