Selasa, 24 April 2018

Mudah Administrasi Perkantoran dengan MS Excel Bagian 3

Belajar MS Excel bagian 3, dokpri.

Setelah mengulas fitur utama, pada bab ini kita perlu mengetahui fungsi-fungsi utama yang biasa digunakan untuk keperluan administrasi perkantoran. Fungsi-fungsi utama inilah yang dalam beberapa pembuatan dokumen administrasi paling sering digunakan.

Fungsi Sum

Fungsi Sum merupakan salah satu fungsi paling sering digunakan dalam excel. Manfaatnya adalah kita dapat menjumlahkan secara otomatis nilai-nilai pada cell yang telah kita input. Kita tidak lagi menjumlahkan secara manual karena hal tersebut kurang efisien serta cenderung lebih besar terjadi kesalahan hitung. 

Fungsi Sum sebagai operan penjumlahan dalam excel biasa dirumuskan sebagai “=SUM(…)”. Untuk lebih memudahkan, berikut tatacara sederhana melakukan operasi penjumlahan dengan fungsi Sum.

Misalkan kita menjumlahkan total biaya pembelian 20 barang ARK Kantor sebagai berikut:
Langkah 1

Gunakan fungsi SUM, karena range nilai yang akan dijumlahkan dari baris ke-5 kolom L (L5) sampai baris ke-24 kolom L (L24), maka penulisannya adalah “=sum(L5:L24), lalu Enter.
Langkah 2

Cara lain untuk melakukan penjumlahan adalah dengan ketik “=sum(“ lalu drag Cell L5 sampai Cell L24 dan Enter. Drag Cell dapat kita lakukan juga dengan cara klik Cell L5, lalu tekan Shift + Ctrl + tanda panah (ke bawah) bersesuaian dengan akhir Cell yang akan dijumlahkan, lalu Enter, maka akan didapatkan hasil Jumlah 16.076.500.

Materi sebelumnya bisa Anda baca pada link ini