Rabu, 25 April 2018

Mudah Administrasi Perkantoran dengan MS Excel Bagian 7

Belajar MS Excel bagian 7, dokpri

Sefungsi dengan VLOOKUP, fungsi HLOOKUP juga menjadi alternatif fungsi Excel. Bedanya, HLOOKUP berfungsi untuk meninjau satu informasi dari sekumpulan informasi dengan acuan baris (horizontal). Ketika kita mengisi suatu Cell, maka pada Cell lain akan menampilkan infromasi yang diperlukan dengan “membaca” seluruh informasi pada baris yang bersesuaian dengan isian.

Fungsi HLOOKUP ini digunakan ketika indentitas yang menjadi referensi dalam kondisi membaris. Untuk lebih memahami cara kerja fungsi HLOOKUP, kita dapat melakukan praktik dengan langkah-langkah berikut:

Suatu ketika kita dihadapkan pada masalah untuk mencari kesesuaian barang, harga dan nomor ID nya. Namun, bentuk tabulasi yang kita dapatkan membaris.

Kasus

Untuk menyelesaikan permasalahan, selanjutnya kita buat isian sederhana:
Langkah 1

Ketika kita memasukkan nomor bagian, maka secara mengolom, kita harus mendapatkan informasi kesesuaian antara nomor bagian, harga komponen dan statusnya. Oleh karena itu, kita tuliskan fungsi HLOOKUP pada Cell J14 dan J15 berikut:


Langkah 2


Pada J14:         =HLOOKUP(J13;I7:M10;3;FALSE)

Artinya, jika J13 terisi nomor bagian, maka sistem akan melakukan kesesuaian isian J13 dengan database I7 sampai M10 dan menampilkan baris harga komponen (kolom ke-3 dihitung dari range 7, 8 dan 9) sesuai isian J13. Bila tidak demikian, maka FALSE atau sistem tidak berjalan.


Langkah 3


Pada J15:         =HLOOKUP(J13;I7:M10;4;FALSE)

Artinya, jika J13 terisi nomor bagian, maka sistem akan melakukan kesesuaian isian J13 dengan database I7 sampai M10 dan menampilkan baris status (kolom ke-4 dihitung dari range 7, 8 dan 9) sesuai isian J13. Bila tidak demikian, maka FALSE atau sistem tidak berjalan.

Bila kita isikan Cell J13 A002, maka akan muncul hasil:


Hasil bila nomor barang diisi
Penjelasan bagian sebelumnya bisa Anda simak di sini.