Selasa, 24 April 2018

Mudah Administrasi Perkantoran dengan MS Excel Bagian 2

Belajar MS Excel Bagian 2, dokpri.


Microsoft Excel dengan beragam fitur yang tersedia seringkali dalam pengamatan kita sehari-hari justru kurang dapat dimanfaatkan. Padahal, apabila kita melakukan eksplorasi terhadap semua fitur yang ada, begitu banyak keperluan yang dapat secara mangkus dan sangkil terselesaikan. Hingga kini, kita dapati beberapa pengguna (user) masih berkutat pada fitur-fitur paling dasar saat menggunakan Excel.

Jangankan user di sekitar kita, bahkan penulis pun beberapa waktu sebelumnya mengalami kesulitan di dalam menyelesaikan sebuah persoalan administrasi perkantoran dengan Excel. Umumnya, pengguna Excel yang masih pemula dan yang sudah mahir terdapat perbedaan yang sangat tipis, yaitu mau tahu, mau belajar dan mau mencoba. Tiga aspek kemaunan inilah yang menjadi pembeda sehingga dari tingkat kemampuan dalam menghadapi persoalan administrasi perkantoran pun, secara signifikan berbeda.

Beberapa waktu lalu, penulis yang berdomisili di daerah terpencil melakukan sharing terhadap orang sekitar yang notabene menjabat di bidang Tata Usaha. Kita ketahui betapa banyaknya pekerjaan adminitrasi yang harus dilakukan di bidang tersebut. Dari hasil wawancara singkat, penulis menemukan bahwa yang bersangkutan masih menggunakan cara-cara lama dalam mengerjakan administrasi perkantoran. Terutama dalam hal membuat surat tugas dinas dan pembuatan rapor siswa. Sepele memang, tetapi sepele adalah hal paling susah bagi yang belum tahu dan tidak mau mencoba.

Untuk itu, kali ini kita melakukan pembatasan terhadap metode-metode lama dalam penggunaan Excel. Caranya bagaimana? Ya, dengan mengetahui apa saja fitur utama dalam Excel yang banyak digunakan dalam administrasi perkantoran. Beberapa fitur utama tersebut di antaranya adalah Home, Page Layout, Data, View dan Developer. Pembahasan dalam buku ini menggunakan Windows 2010 dan tentunya bila salah satu fitur tersebut tidak tersedia, maka perlu diaktifkan dulu, caranya adalah:


Klik File – Option
Langkah 1, dokpri

Kemudian Klik Customize Ribbon
Langkah 2

Pilih Drop Down List pada Choose commands from.
Langkah 3
Klik menu-menu yang ingin ditampilkan dalam Lembar Kerja Excel.
Langkah 4
Misalkan kita ingin menampilkan Bar, maka setelah klik Bar, klik Add>> lalu klik OK.

Tidak hanya itu, dengan cara yang sama, kita dapat memilih Tool Tabs apabila belum tersedia. Dengan menggunakan fitur utama itulah yang menjadi tumpuan pembahasan pada bab-bab selanjutnya.

Penjelasan sebelumnya bisa Anda klik link ini.