Senin, 23 April 2018

Mudah Administrasi Perkantoran dengan MS Excel

Belajar MS. Excel, dokpri.


Siapa yang tak kenal Microsoft Excel, sebuah program yang banyak digunakan sampai saat ini. Program ini merupakan program berbasis lembar kerja (spread sheet) yang secara resmi diciptakan oleh perusahaan Microsoft. Program aplikasi begitu mudah dalam penggunaannya, terutama pada Microsoft Windows dan Mac OS.

Tidak hanya digunakan di bidang bisnis, program ini juga dapat digunakan dalam menunjang kelancaran administrasi perkantoran. Program ini menyediakan berbagai fitur kalkulasi dan penyajian grafik atau statistik yang dapat digunakan sewaktu-waktu. dengan fitur tersebut, kekuatan Microsoft Excel dapat mempermudah perhitungan dalam administrasi perkantoran.

Begitu panjang sejarah perjalanan program Microsoft Excel. Dimulai dari tahun 1982, Microsoft Excel masih berbentuk sebuah embrio yang dinamai Multiplan. Seiring perkembangan teknologi dan komunikasi, embrio tersebut mampu diubah oleh Microsoft menjadi berbagai versi Microsoft Excel. Versi terakhir Microsoft Excel adalah Excel 14 dalam paket program Microsoft Office 2010.

Manfaat Menggunakan Excel

Fitur spread sheet pada Microsoft Excel menjadikannya sebuah program yang memiliki keandalan mendukung bebagai aktivitas manusia, terutama di bidang administrasi perkantoran. Setidaknya terdapat lima manfaat utama penggunaan Microsoft Excel, yaitu:

1.     Memudahkan kita menganalisis data dalam bentuk tabel dan grafik.

2.     Banyaknya rumus atau formula dalam Excel membuat kita dapat melakukan kalkulasi, mulai dari yang paling sederhana hingga kalkuluasi yang kompleks.

3.    Dengan ketersediaan fasilitas trace error, kita dapat menganalisis kesalahan pada rumus atau formula perhitungan yang kita lakukan sehingga dapat memperkecil human error.

4.  Memudahkan kita pada saat melakukan sorting data, baik dari minimal ke maksimal dan sebaliknya atau berdasarkan kriteria tertentu.

5.    Dengan fitur Auto Filter, kita dapat melakukan pemilahan dan pemilihan terhadap sekumpulan data yang tertera pada lembar kerja (spread sheet). Dengan Fitur Mailings, kita dapat membuat sebuah dokumen word yang terhubung ke data Excel yang sangat berguna dalam administrasi pekantoran.(*)