Jumat, 05 Januari 2018

Prediksi Soal USM STIS 2018 (BAHASA INGGRIS) Versi ke-2

Prediksi Soal USM STIS 2018 (Bahasa Inggris) versi ke-2, dokpri
Dalam kesempatan sebelumnya, saya sudah berbagi mengenai Prediksi Soal USM STIS 2018 versi ke-2 bidang MATEMATIKA (yang belum tahu, bisa klik di sini). Kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai bentuk-bentuk soal yang biasa diujikan dalam USM STIS untuk bidang bahasa Inggris.

Untuk dapat mengerjakan USM STIS bidang Bahasa Inggris, teman-teman perlu memperkaya kosakata bahasa Inggris (vocabularies). Kosakata inilah elemen dasar untuk dapat memahami makna dari sebuah kalimat atau bacaan berbahasa Inggris. Tanpa tahu makna kata baru teman-teman bisa mengerti inti sebuah bacaan.

Hal kedua yang harus dipahami teman-teman adalah struktur kalimat, termasuk di dalamnya soal tenses seperti simple present, simple past, simple continous, simple perfect, simple future dan bentuk pengembangannya. Ini diperlukan karena dalam soal USM STIS bidang Bahasa Inggris, teman-teman biasanya ditugaskan untuk memenuhi sebuah kalimat dengan tenses tertentu. Jikalau teman-teman tidak hafal betul mengenai tenses, maka kemungkinan besar teman-teman bisa salah menjawab.

Aspek ketiga yang juga tak kalah penting adalah bagaimana teman-teman cepat memahami isi sebuah bacaan. Sebab, dalam USM STIS bidang bahasa Inggris, soal-soal berdasarkan sebuah teks atau bacaan lumayan banyak, sekitar 10% sampai 15% dari keseluruhan soal. Kuncinya? Balik lagi, teman-teman harus banyak-banyak menambah kosakata bahasa Inggris.

Selain beberapa aspek di atas, tipe soal USM STIS bidang Bahasa Inggris juga mencakup ekspresi dalam percakapan. Teman-teman diharapkan mampu menguasai tipe-tipe ekspresi atau ungkapan dalam dialog, seperti ungkapan bahagia (happyness), ungkapan persetujuan (agreement), ungkapan kesedihan (sadness) atau sejenisnya. Intinya, teman-teman belajar tentang ungkapan. Tentunya, perlu latihan kan, supaya sense teman-teman terhadap ekspresi dalam percakapan lebih mantab.

Itu mungkin pengantar dari saya. Selanjutnya, kali ini saya akan berbagi lagi, yaitu Prediksi Soal USM STIS 2018 bidang BAHASA INGGRIS versi ke-2. Untuk tak berpanjang kata lagi, teman-teman dapat mengunduhnya pada link berikut:



NB : pembahasan soal ini akan tersedia dalam 24 jam, so stay tune.