Minggu, 14 Januari 2018

Pengin Lolos SIPENCATAR STMKG 2018? Inilah Soalnya

SIPENCATAR STMKG 2018, dokpri.

Siapa yang tak kenal STMKG? Bagi yang belum kenalan, kali ini saya akan sedikit berbagi informasi mengenai satu Perguruan Tinggi Kedinasan ini. STMKG atau Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merupakan salah satu PTK di Indonesia yang khusus untuk mencetak ahli-ahli meteorologi dan geofisika.

Awalnya, STMKG berdiri tahun 1955 dengan nama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG). PTK ini terletak di sekitar Institut Teknologi Bandung (ITB) dan saat ini berada di bawah naungan Badan Metorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Tahun 2018, STMKG akan membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna Baru atau biasa yang disebut SIPENCATAR. Tentunya, teman-teman yang berminat harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, salah satunya untuk menembus Tes Kemampuan Bidang (TKB) STMKG 2018.

Nilai TKB ini adalah bagian yang terpenting untuk menembus STMKG, dengan penekanan pada bidang Fisika dan Matematika. Tes bahasa Inggris juga ada, namun bobot poinnya paling besar adalah Fisika dan Matematika.

Itu sedikit pengantar dari saya, dan kini saatnya saya berbagi mengenai soal SIPENCATAR STMKG untuk bekal hadapi TKB STMKG 2018.

Teman-teman dapat mengunduh pada link berikut ini: