Kamis, 02 November 2017

Ternyata! Inilah Strategi yang Harus Dilakukan Jika Pengin Lolos Tes Tahap I STIS 2018

Strategi Lolos USM STIS 2018 Angkatan ke-60
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau yang biasa disingkat dengan STIS merupakan salah satu sekolah kedinasan di Indonesia. STIS merupakan sekolah tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) dan bertempat di Jalan Otto Iskandardinata No.64C, Jakarta Timur. Sebagai salah satu sekolah ikatan dinas (ID), STIS menawarkan beragam prospek bagi seluruh lulusannya, salah satunya adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan BPS. Sekolah kedinasan serupa STIS menjadi salah satu target alumnus SMA/MA atau sederajat yang ingin lulus langsung kerja.

Buktinya, jumlah peserta Ujian Saringan Masuk STIS (USM-STIS) terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tahun 2017 lalu, jumlah peserta mencapai 24.226 peserta, atau mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2016, yaitu sebanyak 23.807 peserta. Dari sebanyak itu, kuota calon mahasiswa/i yang diterima oleh STIS hanya sekitar 600 peserta.

Selama proses seleksinya, STIS menerapkan empat (IV) tahap tes. Dari keempat tahap tersebut, yang paling ketat proses seleksinya adalah pada tahap I, yaitu tes tertulis (Akademik). Pada tes tahap I ini, peserta akan menghadapi dua jenis tes tertulis, yaitu tes Matematika dan tes Bahasa Inggris. Masing-masing tes diberikan sebanyak 60 soal dan disediakan waktu 90 menit untuk Matematika dan 60 menit untuk Bahasa Inggris. Tahap I inilah yang biasanya banyak peserta mengalami kegagalan. Penilaian tes tahap I ini bersifat objektif dan tanpa uang suap atau lewat pintu belakang. Selain itu, pada tes tahap I ini, diberlakukan sistem perangkingan secara nasional. Artinya, bila nilai seorang peserta paling tinggi misalkan, belum tentu ia menjadi yang paling tinggi di tingkat nasional, karena level peringkatnya nasional.

Tes tahap I USM STIS ini bagi penulis sendiri merupakan salah satu tes terberat bila pengin masuk dan kuliah di STIS, sebab level soal yang diberikan juga khusus. Kendati demikian, kali ini penulis ingin berbagi tips dan trik buat pembaca, bagaimana sih bila pengin lolos tes tahap I USM STIS ini? Cara belajarnya bagaimana? Hal ini perlu mengingat tak sedikit dari peserta yang gagal hanya karena tidak mengerti strategi dalam menghadapi tes tahap I USM STIS ini.

1. Pastikan jumlah soal yang didapatkan lengkap, tidak ada lembaran soal yang cacat atau nomor terlewat.

2. Kerjakan terlebih dahulu soal yang kita anggap paling mudah dan memerlukan perhitungan sederhana. Hal ini penting mengingat selama tes berlangsung, waktu terus berjalan dan diperlukan kecepatan berpikir yang tinggi.

Bahasa Inggris

3. Berlatih vocabs bahas Inggris sehingga kosa kata yang kita miliki cukup untuk mentranslate setiap kalimat dan teks dalam soal bahasa Inggris.

4. Kuasai teori Tenses. Menguasai tenses akan membuat kita lebih mudah menjawab soal-soal tentang simple past, simple prensent, simple perfect, simple future dan variannya.

5. Sering mentranslate artikel bahasa Inggris. Kebiasaan ini secara alami akan menambah kosakata bahasa Inggris kita dan memahami kalimat-kalimat bahasa Inggris.

6. Menonton film berbahasa Inggris. Menonton film menjadikan kita mengkolaborasikan antara indera penglihatan, indera pendengar dan perasaan. Kebiasaan menonton ini memang sepele, tetapi sudah banyak yang membuktikan ada manfaat positifnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita.

7. Berlatih Soal-soal Bahasa Inggris, bisa dengan mengikuti TO yang diadakan oleh lembaga atau bimbel, atau bisa juga dengan berlatih mengerjakan soal Bahasa Inggris berikut (klik di sini) atau (klik di sini).

Matematika

8. Belajar menghitung cepat dan tepat secara kontinu.

9. Menguasai rumus-rumus cepat, kita bisa menemukannya dengan memiliki beberapa buku matematika, misalkan rumus sakti atau rangkuman rumus matematika.

10. Belajar beberapa buku soal-soal Olimpiade Matematika, bisa ditemukan di toko-toko buku.

11. Mempelajari pola dan strutur soal yang biasa diujikan dalam USM STIS bidang matematika, misalkan dengan memiliki buku USM STIS yang biasa dijual pada waktu pembukaan pendaftaran STIS di tempat pendaftaran. Hati-hati buku USM STIS Palsu! Pastikan kita memiliki buku rilisan STIS atau buatan alumni STIS. Sebab, tak sedikit buku USM STIS yang beredar di pasaran isinya sangat jauh dari soal yang biasanya diujikan dalam USM STIS.

12. Membuat jadwal belajar khusus untuk USM STIS, misalkan setiap hari minggu pagi selama 2,5 jam secara kontinu.

13. Mengikuti berbagai simulasi USM STIS yang diadakan oleh lembaga bimbel atau Try Out Nasional (TONAS) USM STIS yang diadakan oleh STIS. Beberapa simulasi USM STIS bisa juga didownload Bank Soal USM STIS 2011 - 2016 (klik di sini) atau Soal TO Paket I (klik di sini) atau Soal TO Paket II (klik di sini).

14. Selalu berdoa dengan giat beribadah agar Tuhan Yang Maha Esa mengabulkan harapan kita.

15. Meminta restu orang tua karena doa orang tua sangat diijabah oleh Tuhan Yang Maha Esa.