Sabtu, 14 Oktober 2017

Ternyata! Inilah 9 Strategi yang Harus Dilakukan Jika Pengin Lolos Tes CPNS

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sepertinya menjadi profesi yang banyak diminati oleh masyarakat zaman sekarang. Ketika seseorang telah menjadi PNS, banyak kalangan beranggapan bahwa itu adalah "jabatan" prestisius dan menjanjikan. Karena jaminan gaji setiap bulannya serta ada pula yang mendapat tunjangan tambahan dan insentif, banyak orang berbondong-bondong beradu mendapatkan predikat PNS. Buktinya, jumlah peserta yang mengikuti ajang kompetisi pendaftaran CPNS setiap tahunnya terus meningkat. Terlebih saat pemerintah tahun 2017 ini kembali membuka kran formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dari moratorium yang beberapa tahun lalu sempat menekan jumlah PNS yang ada.

Karena prospeknya yang dibilang menggiurkan, sistem salam tempel pun dulu banyak dilakukan. Tak sedikit pula ditemukan banyak PNS "bayangan" di beberapa instansi pemerintah demi menjadi ASN. Meski begitu, seiring waktu pemerintah terus melakukan pembenahan terutama soal sistem tes seleksi CPNS. Salah satunya adalah dengan penerapan tes SKD CAT yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Yang semula sistemnya tidak jelas dan penuh tindakan koruptif, kini berubah menjadi sistem yang objektif dan teruji. Dengan menyediakan database berupa bank soal, BKN melakukan tes SKD CAT berbasis komputer dan sifatnya real time sehingga hasilnya pun dapat dikalkulasi dengan cepat. Adanya bank soal yang begitu besar inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta tes CPNS. Belum lagi untuk setiap tahapannya, pansel CPNS menerapkan sistem gugur untuk setiap tesnya.

Hal ini menjadi motivasi bagi peserta tes SKD CAT BKN untuk terus mempersiapkan diri dalam menghadapi beragam kemungkinan soal yang diujikan kepada mereka.  Kalau awalnya lolos tes CPNS karena "lebih besar" kemungkinan terjadi kecurangannya, kini tak lagi dikatakan demikian.

Lolos tes CPNS berarti peserta dinyatakan layak, sah dan bisa menjadi seorang ASN pada bidang tertentu. Untuk dapat lolos itulah, diperlukan strategi jitu sebagai berikut:

1. Ikutilah berbagai tes CPNS.  Semakin banyak kita mengikuti tes CPNS, itu faktor pengali peluang kita menjadi lebih besar lolos. Sebab, kita akan terbiasa dengan tipe soal yang diujikan dalam tea SKD CAT BKN.

2. Terus berlatih. Practice makes perfect kan? Jadi untuk memperbesar peluang kita lolos tes, kita hendaknya tekun berlatih mengerjakan soal tes CPNS, bisa dengan cara membeli buku-buku tes CPNS, simulasi berbasis apps di playstore atau mencari ebook di Internet.

3. Mendaftarkan diri pada bidang yang berpeluang besar diterima atau lolos. Pemilihan bidang ini hendaknya benar-benar sesuai dengan kemampuan atau keahlian kita. Karena, salah memilih bisa jadi bumerang misalnya rasa tidak nyaman dan pastinya kejenuhan. Amati jumlah pendaftar yang menjadi pesaing kita dan berapa jumlah formasi yang dibuka. Ini penting bagi kita untuk menghitung peluang minimal kita terpaut dalam formasi yang ditentukan.

4. Lengkapilah semua jenis administrasi. Tahun ini, tes CPNS juga melakukan seleksi administrasi sehingga agar kita lolos, maka kita harus melengkapi syarat dan ketentuan pansel. Syarat harus sesuai dengan yang ditentukan, tidak kurang dan tidak pula melebih-lebihkan. Sebab, tak sedikit pula mereka yang tak lolos tes administrasi ini akibat kurang lengkap administrasi.

5. Melakukan survei lokasi tes CPNS paling lambat sehari sebelum tes dilaksanakan. Dengan mengetahui arena pertandingan, mental kita akan semakin siap.

6. Membawa perlengkapan tes CPNS dan memastikan diri untuk tak sampai meminjam kepada orang lain.

7. Berangkat ke lokasi tes lebih awal. Sebab, jika kita berangkat pada jam yang mepet, maka pikiran kita biasanya blank akibat terburu-buru dalam mengerjakan soal. Ketenangan kita buyar seketika dan materi yang telah kita pelajari akan lenyap. Ini merupakan fenomenan keumuman. Hentikan membaca banyak literatur soal tes CPNS ketika menjelang masuk ke ruang tes sebab itu akan membuat pikiran kita blank juga.

8. Perhatikan waktu pengerjaan soal dan petunjuk soal. Pastikan bahwa kita mengerjakan semua soal sesuai perintah dan tidak menerobos rambu-rambu soal.

9. Setelah ikhtiar, tahapan akhir adalah dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga lolos tes CPNS CAT BKN.