Kamis, 19 Oktober 2017

Mau Kuasai Soal Fisika Dinamika Gerak? Inilah Contohnya Supaya Kamu Paham

Dinamika gerak merupakan salah satu bahasan yang asyik pada mata pelajaran Fisika. Dinamika gerak melibatkan sebuah sistem satu atau banyak benda yang bergerak pada sebuah bidang, mulai dari bidang datar, bidang melingkar dan bidang miring.

Secara normal, sebuah benda yang bergerak menimbulkan percepatan tertentu (a). Namun, dalam kasus secara mendasar, kejelian kita sangat dibutuhkan agar mampu menemukan sebuah formula yang tepat dalam menghitung besarnya percepatan dalam sistem tersebut.

Dalam tutorial kali ini, kita akan mengangkat kasus sistem dengan menggunakan dua benda, benda pertama memiliki massa sebesar m dan berada pada bidang datar dengan asumsi tidak ada gesekan antara benda m dengan bidang. Kemudian benda kedua memiliki massa sebesar M dan menggantung terhubung pada benda m melalui seutas tali dengan masing-masing tegangan sebesar T1 dan T2. Karena benda M lebih berat dengan benda m atau (M > m), maka sistem akan bergerak mengikuti arah gerak benda M sehingga percepatan (+) searah dengan gerak benda M.


Berdasarkan kasus ini, kita dapat menentukan percepatan sistemnya sebagai berikut: