Kamis, 19 Oktober 2017

[LAGI] Inilah Teknik yang Harus Kamu Ketahui Saat Menyelesaikan Soal Integral Substitusi Trigonometri

Integral substitusi trigonometri merupakan salah satu bahasan integral yang banyak dikeluhkan beberapa siswa, termasuk teman penulis. Padahal, bila kita jeli di dalam memilih bentuk trigonometri yang sesuai, integral jenis ini akan dapat secara cepat kita selesaikan.

Kali ini kita akan membahas satu soal saja terkait integral substitusi trigonometri ini. Kita coba menggunakan ulasan secara detail dan terperinci sehingga teman-teman pembaca dapat belajar sekaligus memahami bagaimana teknik substitusi trigonomteri ini bekerja dalam menyelesaikan bentuk integral.

Substitusi trigonometri ini tak selalu digunakan, ia hanya dipakai bila kita menemukan bentuk integral yang tidak dapat menggunakan substitusi variabel langsung. Substitusi trigonometri banyak digunakan apabila dalam bentuk fungsi yang diintegralkan tidak mengandung fungsi turunan dari fungsi permisalan utama yang kita gunakan, sehingga bila menggunakan substitusi variabel langsung, justru kita akan terjebak dalam permasalahan yang lebih rumit. Bahkan, kita tak akan berhasil menemukan jawaban terhadap soal integral.

Berikut ini akan penulis tayangkan tutorialnya, sekitar 7 menitan, tak lama. Semoga pembaca dan penonton dapat memahami bagaimana menggunakan integral dengan teknik substitusi trigonometri ini. Selamat menyimak!

Soal
Tentukan hasil dari pengintegralan berikut ini...
Pembahasan: