Senin, 16 Oktober 2017

Dua Teknik Unik Yang Harus Kamu Tahu untuk Menghitung Determinan Matriks

Determinan sebuah matriks adalah sebuah nilai unik atau tunggal matriks berukuran persegi sedemikian rupa sebagai salah satu komponen menentukan invers dari matriks. Determinan berbeda dengan Diskriminan, determinan adalah nilai positif sebuah matriks persegi sedangkan diskriminan adalah nilai dari sebuah fungsi berpangkat.

Seringkali penulis temui teman-teman entah siswa entah mahasiswa yang masih merasa kesulitan untuk menentukan nilai determinan sebuah matriks. Padahal, bila mereka telah memahami bagaimana determinan didapatkan, penulis yakin jauh lebih mudah. Pembahasan panjang mengenai matriks dan vektor sendiri telah penulis himpun dalam sebuah buku berjudul Saripati Aljabar Linier yang bisa didapatkan di toko buku.

Namun, dalam kesempatan ini penulis akan sedikit berbagi mengenai cara atau teknik menghitung determinan sebuah matriks. Sebab, terkadang guru atau dosen tidak menjelaskan secara detail mengenai hal ini, malah terdapat teman-teman penulis yang kesulitan dalam menjawab soal determinan matriks, alasannya sih katanya memang gurunya hanya memberikan soal begitu saja tanpa memberikan penjalasan, contoh dan sekaligus membahas soal tersebut untuk memahamkan siswa didiknya. Ini ironis, sehingga penulis akan berbagi mengenai dua cara saja menghitung determinan matriks.

Contoh 1.
Diketahui matriks A diberikan sebagai berikut:
Tentukan determinan dari matriks A!...

Jawabannya bisa unduh di link berikut:
Download
https://drive.google.com/open?id=0B8O27bSVnGgad3ZyVWlwUTZjTFE



Untuk menghitung invers matriks tidak persegi, determinan matriks tidak persegi atau mencari invers matriks yang sebenarnya tidak punya invers, Anda bisa mempelajarinya dalam buku Saripati Aljabar Linier (bisa order langsung kepada penulis di WA 082228532701)