Selasa, 17 Oktober 2017

Astaga! Makanan Ini Ternyata Terbuat dari Bahan Yang Mengejutkan Penyuka Kuliner


Tanah liat pastinya tak asing lagi terdengar di telinga kita. Tanah liat biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan gerabah, genteng, patung dan perkakas dapur, ternyata juga dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok, Ampo namanya. Ampo merupakan salah satu makanan khas dari Tuban, Jawa Timur. Makanan ini terbilang sangat unik, bahkan baru-baru ini kembali booming karena pemberitaannya di media sosial dan teve.

Sebagaimana makanan ringan pada umumnya, cara pembuatan ampo ini terbilang cukup mudah dan murah meriah. Sebab, bahan bakunya sangat melimpah dan berada di sekitar kita, yaitu tanah liat.

Siapa sangka bahwa tanah liat ternyata bisa dijadikan sebagai makanan serupa cokelat gulung ini. Menurut penuturan salah satu warga Tuban, Ampo telah menjadi salah satu alternatif makanan ringan sejak zaman penjajahan. Katanya, selama masa penjajahan dulu, masyarakat Tuban kekurangan bahan makanan seperti beras, jagung dan sejenisnya. Sehingga, tanah liat pun mereka jadikan sebagai makanan substitusi makanan pokok sebagai pengganjal perut dalam berbagai suasana saat itu.
Seperti pepatah mengatakan,"tak ada rotan, akar pun jadi." Ampo merupakan makanan khas yang tercipta dalam kondisi terjepit saat masa penjajahan. Tapi, tentu membuat penasaran kita semua, rasa dari makanan ini ternyata gurih dan enak. Cara membuatnya pun cukup gampang, dengan mengambil tanah liat yang bersih dari bebatuan atau tempat steril, kemudian ditumbuk-tumbuk dan diberi air. Setelah terbentuk padatan tanah liat, langkah selanjutnya adalah dengan menyerut permukaannya dengan pisau tajam sedemikian rupa sehingga menjadi irisan tanah liat yang menggulung.
Setelah itu, gulungan-gulungan tanah liat itu dijemur di tengah panas matahari beberapa jam lantas digoreng dan diberi perasa. Ampo pun siap untuk disajikan sebagai makanan ringan. Ternyata tanah liat pun di Indonesia bisa dimakan lho, unik bukan?