Kamis, 14 September 2017

WOW! Inilah Bank Soal USM STIS dan Pembahasan USM STIS 2017

Sinau bareng USM STIS, sumber foto: dokpri.

Ujian Seleksi Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (USM STIS) merupakan salah satu agenda yang dilakukan oleh STIS setiap tahunnya. Agenda ini bertujuan untuk menyeleksi siswa-siswi alumni atau lulusan SMA atau sederajat di seluruh penjuru Indonesia untuk berkesempatan melaksanakan pendidikan keahlian statistik di STIS.

STIS dalam proses seleksinya dinilai ketat dengan jumlah peserta yang tak sedikit. Tahun 2017 saja, lebih dari 20.000 peserta yang mengikuti USM STIS. Setidaknya ada beberapa tahapan seleksi yang membuat proses USM STIS banyak dinilai lebih sulit. Di antaranya adalah tes akademik.

Dalam tes ini, para peserta biasanya mendapatkan tes akademik berupa mata uji Matematika dan Bahasa Inggris. Tes ini berlangsung serempak di seluruh wilayah tes STIS. Pada tes akademik ini, poin penting yang harus diperhatikan oleh peserta adalah menjawab soal yang diberikan oleh panitia, materi ujinya adalah setingkat SMA sederajat.

Bagi sebagian peserta, tes akademik dinilainya merupakan tes tersulit karena bentuk soal yang diberikan adalah soal yang biasanya tak umum, bahkan tidak pernah mereka dapatkan selama mengenyam pendidikan SMA sederajat.

Untuk itulah mengapa dalam kesempatan ini, saya akan membagikan bank soal USM STIS yang dimulai dari tahun 2007-2016 dan pembahasan soal Matematika USM STIS tahun 2017, dengan harapan bahwa calon peserta USM STIS setiap tahunnya dapat mempelajari pola dan bentuk soal yang biasa diujikan dalam USM STIS, besar harapan saya bahwa seluruh calon peserta USM STIS mampu lolos tahap I USM STIS. Berikut linknya:

1. Bank soal USM STIS tahun 2007-2016
Bank soal USM STIS tahun 2007-2016 [link update with new extension .pdf]
https://drive.google.com/open?id=0B8O27bSVnGgac2Vrd2haMUMzOWM

2. Pembahasan soal USM STIS tahun 2017 (kemarin).
Pembahasan soal USM STIS tahun 2017 (kemarin)
https://drive.google.com/open?id=0B8O27bSVnGgaaUVUM0d0M25mMHM

Jangan lupa tinggalkan komentar dan sharenya ya...terima kasih.