Jumat, 22 September 2017

Inilah Klasifikasi Rancangan Percobaan

Klasifikasi Rancob, sumber foto: dokpri.

Rancangan percobaan secara garis besar dapat kita klasifikasikan menjadi tiga, yaitu rancangan perlakuan, rancangan lingkungan dan rancangan pengukuran.

Rancangan perlakuan merupakan rancob mengenai bagaimana membangun sebuah keterkaitan antar perlakuan. Rancob ini dibedakan menjadi tigas jenis lagi, yaitu rancob satu faktor, dua faktor dan rancob tiga faktor atau banyak faktor. Khusus untuk rancob dua dan tiga faktor dibedakan lagi dalam tiga jenis, yaitu dua faktor bentuk faktotial (bersarang), rancob dua faktor Split Plot dan rancob Split Blok/Strip Plot.

Berikutnya adalah rancob lingkungan yang secara sederhana dapat kita pahami sebagai rancob mengenai bagaimana perlakuan ditempatkan pada setiap unit dalam percobaan.

Rancob ini meliputi Rancangan Acak Lengkap (RAL), Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL), Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) dan Rancangan Lattice (RL).

Yang terakhir adalah rancangan merupakan rancob yang mengandung hasil pengukuran yang didapatkan sebagai sebuah respon dari unit yang percobaan.