Senin, 04 September 2017

BPS: Agustus 2017 terjadi Deflasi 0,07%

Deflasi di Agustus 2017, sumber foto: dokpri.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis angka inflasi pada hari ini (4/09/2017). Berdasarkan penyampaian kepala BPS, pada bulan Agustus 2017 terjadi deflasi sebesar 0,07%. Deflasi ini merupakan efek pasca Lebaran bulan lalu dan telah menuju normal pada bulan Agustus kemarin.

Meski terjadi deflasi, pemerintah diminta untuk tetap waspada terhadap beberapa komoditas yang harganya masih relatif tinggi, misalnya harga cabai merah, garam dan uang sekolah SD dan jenjang pertama dan menengah atas. Di bulan Agustus pula, kenaikan tarif pulsa atau telekomunikasi ternyata menyumbang inflasi, meski tak signifikan. Lebih lanjut, kepala BPS menuturkan bahwa Indonesia harus tetap melakukan kontrol karena pada akhir tahun akan ada Natal dan tahun baru yang kemungkinan besar memenagruhi harga-harga komoditas makanan dan non-makanan.

Deflasi yang terjadi pada Agustus lalu dipengaruhi oleh adanya deflasi atas beberapa komoditas, seperti tiket pesawat. Sebelumnya harganya yang tinggi memicu inflasi di Juni hingga Juli, kini telah menunjukkan kenormalan harga sehingga memberi dampak deflasi Agustus.(*)