Rabu, 09 Agustus 2017

Ngupas Bedanya Data Primer dan Data Sekunder

Data dalam Kehidupan, sumber foto: https://mobile.twitter.com/_deardata

Data menurut sumbernya dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Kedua data inilah yang secara luas digunakan di dalam kegiatan statistik.

Dalam pengertiannya, data primer adalah data yang kita peroleh secara langsung (directly) melalui kegiatan statistik, sensus, survei, atau eksperimen. Data primer dipandang sebagai tipe data yang komprehensif, sebab cakupan karakteristiknya secara bebas dapat kita tentukan sendiri.

Nganu pengin membuat paper tentang produktivitas sapi perah di Kecamatan Tutur. Ia melakukan survei sendiri ke lapangan dengan sampel 90 rumah tangga peternak sapi perah. Data yang berhasil ia kumpulkan sangat beragam.

Dari survei Nganu inilah, ia nantinya akan mendapatkan data primer.

Sedangkan data sekunder secara mudahnya kita pahami sebagai data yang berasal dari pihak lain atau data yang didapatkan secara tidak langsung (indirectly). Pihak lain yang melakukan pengumpulan data, sedangkan kita adalah pengguna (user) data kedua dari data itu.

Untuk melakukan analisis mengenai rata-rata produksi susu sapi segar di Kabupaten Pasuruan, Nganu mencari data Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah dan Kambing (PSPK) tahun 2011 di website bps (bps.go.id). Ia mengambil sebanyak 5 kecamatan sebagai sampel.

Inilah yang dimaksud dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh pihak lain, atau data sekunder.(*)