Kamis, 27 Juli 2017

Perbedaan Postulat, Aksioma, Teorema, Hipotesis dan Teori


Rumus sebagai Wujud Teori, sumber foto: https://www.google.com/amp/s/mochyuga.wordpress.com/2012/05/10/howto-rumuss-fisika-aplikatif-mengetahui-performa-kendaraaan/amp/

Postulat, merupakan istilah yang sering digunakan dalam bahasan geometri atau ilmu keruangan. Postulat secara sederhana didefinisikan sebagai pernyataan yang nilai kebenarannya disepakati secara umum sebagai kebenaran yang tidak memerlukan pembuktian. Bentuk postulat sering kita temui dalam ilmu Fisika dan Matematika, misalnya dengan menggunakan penggaris, kita bisa melukis garis lurus sembarang panjang, postulat ekivalensi misalnya  postulat Newton yang menyatakan bahwa m x G = m x a.

Sedikit berbeda dengan postulat, aksioma merupakan istilah yang sering kita temui dalam pembahasan mengenai ilmu aljabar. Aksioma dalam pengertiannya merupakan pernyataan yang menjadi pedoman umum (awal) yang kebenarannya sudah tidak memerlukan pembuktian lagi. Salah satu contoh aksioma adalah hanya dengan 2 titik tertentu sembarang, kita hanya dapat membuat sebuah garis.

Teorema beda lagi, ia lebih menjelaskan tentang pernyataan matematika yang kebenarannya masih perlu dibuktikan. Teorema biasa ditemukan dalam bahasan induksi matematika. Dengan menggunakan premis-premis tertentu yang mendukung terbentuknya teorema sehingga konklusinya dapat ditentukan. Misalnya, Teorema Phytagoras, pembuktiannya bisa dengan menggunakan 3 buah bidang untuk ditarik kesimpulan secara umum. Teorema ini istilah lainnya adalah dalil.

Sedangkan hipotesis adalah anggapan sementara atau jawaban sementara atas suatu masalah yang kebenarannya bersifat relatif. Hipotesis biasa ditemukan dalam ilmu statistika. Hipotesis merupakan asumsi awal yang menjadi acuan dilakukannya sebuah penelitian atau kegiatan inferensi statistik untuk kemudian dibuktikan kebenaran ilmiahnya.

Dan terakhir, yaitu teori. teori dipandang sebagai suatu pernyataan yang mengandung rangkaian variabel, teorema/dalil yang saling berkaitan terhadap suatu permasalahan tertentu.