Kamis, 27 Juli 2017

Peran Data Sampel Pada Ekonometrika


Data Sampel, sumber foto:
https://lobikampus.blogspot.co.id/2016/06/populasi-dan-sampel.html?m=1

Saat melakukan studi mengenai pengaruh biaya iklan terhadap volume penjualan, kita perlu mengambil sampel dari populasi target. Dari sejumlah elemen populasi, beberapa di antaranya menjadi unit observasi yang akan kita wawancarai, dalam kasus ini misalkan respondennya adalah konsumen.

Sampel itu penting dalam rangka efisiensi studi atau penelitian. Tanpa alternatif berupa sampel, waktu, biaya, tenaga tentu tidak akan efisien dan efektif. Namun, perlu kita ketahui bersama bahwa mengambil sampel perlu keterhati-hatian. Ini merupakan konsekuen bahwa sampel itu adalah wakilnya populasi. Jika kita salah dalam mengambil sampel, maka wakil-wakil populasi pun akan salah. Hilirnya tak hanya berdampak buruk secara metodologi, tetapi juga bagi perencanaan dan strategi marketting atas produk ke depan.

Bila kita menyakini bahwa sampel itu adalah wakil dari populasi, pastinya kita begitu jeli memerhatikan karakteristik sampel tersebut terhadap karakteristik populasi, meski informasinya bersumber secara kasat mata. Dari sini pun kemudian timbul sebuah rule ekonometrika, bahwa sampel yang salah menghasilkan sebuah data "sampah" yang pada outputnya nanti menghasilkan "instrumen sampah" untuk pengambilan kebijakan. Karena sampel yang kita ambil tidak mewakili, maka inferensi kita luput dari parameter sebenarnya dalam populasi atau true parameter. Samak sekali, selang interval kepercayaan yang berhasil kita bangun juga jauh meleset alias tak valid dan tak reliabel.

Konklusinya menjadikan kita berpikir ulang, bahwa justru biaya iklan tak berguna dalam marketting produk kita. Padahal, aslinya bila sampelnya tepat, konklusinya malah sebaliknya. Ekonometrika begitu memandang serius soal data sampel yang digunakan. Banyak model-model ekonomi yang dilandasi teori yang relevan, tetapi instrumen yang dihasilkan dari analisis ekonometrika menjadi sia-sia, sumbernya? Ya, dari kesalahan pengambilan sampel tadi.