Kamis, 27 Juli 2017

Inflasi Pengaruhi Rupiah, Mengapa?


Perekonomian Indonesia, sumber foto:
http://ngobrolstatistik.blogspot.co.id/2017/07/ekonomi-tumbuh-apa-maksudnya.html?m=1

"Harga makanan jadi tak terasa sepertinya naik. Entah itu efisiensi entah memang beneran naik. Dulu dengan uang 5k bisa beli semangkuk bakso dapat bakso besar isi telur puyuh, sekarang telur puyuhnya sudah tak ada," curhat ibuku saat makan bakso.

Ibuku sadar bahwa semakin hari, barang atau jasa yang dibelinya semakin mahal harganya. Meski cuma tamatan SD, beliau mengamati hal itu. Inflasi memang memengaruhi nilai riil rupiah. Di saat harga satu jenis bahan baku saja naik, pedagang kadang tak tanggung-tanggung menaikkan persentase harga jualnya.

Saya pun sering mengalami kejadian serupa. Awalnya rasa sajian sebuah kedai soto enak. Secara kontinu, saya makan di kedai tersebut. Ternyata inflasi juga menggiring penjual atau pedagang untuk menyusun strategi khusus, hehe. Singkat cerita, rasa pedas yang awalnya pakai cabai rawit, jadi rasa pedasnya merica. Itu terasa sekali. Dari ukuran awalnya besar, seiring waktu mengecil dan mengecil. Komposisi sajiannya yang dulunya bervariasi lama-lama sedikit.

Inflasi mendorong pelaku ekonomi juga melakukan efisiensi tanpa mengesampingkan efektivitas. Ini karena inflasi begitu besar menurunkan nilai riil rupiah. Apa sih sebabnya?

Begini. Rupiah kan bahannya dari kertas. Harga kertas berapa? Katakanlah misalnya Rp. 100,-. Kalau kertas itu diukir diproteksi sedemikian rupa jadi uang rupiah kemudian diberi nominal sebesar Rp. 100.000,-. Harga bahan sangat murah dan jauh daripada harga ketika ia sudah jadi uang. Inilah yang menjadikan rupiah itu dipengaruhi oleh gejolak harga pasar. Sebab harga bahan (nilai intrinsik) kurang dari harga nominalnya (nilai ekstrinsik).

Ini sebabnya, kalau terjadi inflasi, nilai riilnya rupiah bakal menurun. Hanya nominalnya saja yang besar, rupiah saat itu tak sekadar kertas yang digunakan untuk bertransaksi. Berbeda dengan uang emas (misal real), harga bahannya kan harga emas tuh, emas sekarang 1 gram sekitar 550k - 650k.